PENDAHULUAN
Teknologi pembelajaran telah
berkembang, sebagai teori dan praktik dimana proses, sumber, dan sistem belajar
pada manusia baik perseorangan maupun dalam suatu ikatan organisasi dapat
dirancang, dikembangkan, dimanfaatkan, dikelola, dan dievaluasi. Dan melalui
penerapan teknologi pembelajaran dengan mendayagunakan sumber-sumber belajar
untuk tujuan pembelajaran. Salah satu bentuk sumber belajar yang potensial
adalah yang dikembangkan berdasarkan teori komunikasi dan memanfaatkan atau
mendayagunakan berbagai bentuk dan jenis teknologi komunikasi.
Artinya, media komunikasi massa
mempunyai potensi besar untuk digunakan dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar
dan pembelajaran. Pada hakikatnya teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin
yang berkepentingan dengan pemecahan masalah belajar dengan berlandaskan pada
serangkaian prinsip dan menggunakan berbagai macam pendekatan atau teori
komunikasi dan teknologi komunikasi. Setiap teknologi dibangun atas dasar
suatu teori tertentu. Demikian pula pada teknologi pembelajaran, dibangun atas
dasar prinsip-prinsip yang ditarik dari teori komunikasi terutama hasil-hasil
penelitian dalam pemanfaatan media, khususnya media komunikasi. Dan dalam
makalah kami akan membahas tentang.Teknologi Komunikasi dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam (PAI).
A.
Pengertian Teknologi Komunikasi (TEKKOM) dalam Pembelajaran PAI
Pengertian teknologi komunikasi pendidikan (pembelajran) dapat dijelaskan melalui dua pendekatan yang
pertama adalah dari sudut komunikasi yang berarti eknologi komunikasi yang
dipakai dalam bidang pendidikan. Pendekatan yang kedua dari sudut pendidikan
yaitu yang mengartikannya sebagai teknologi pendidikan yang memanpaatkan media
komunikasi.
Sedangkan pembelajaran adalah suatu kombinasi yang
tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan
prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran.
Pembelajaran
dalam kamus besar bahasa Indonesia mengandung arti proses, cara menjadikan
orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah suatu upaya membuat peserta didik
dapat belajar, butuh belajar, terdorong belajar, mau belajar dan tertarik untuk
terus menerus mempelajari agama Islam, baik untuk kepentingan mengetahui
bagaimana cara beragama yang benar maupun mempelajari Islam sebagai
pengetahuan.
Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses
komunikasi yang berkaitan dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran (kompetensi)
yang ditetapkan. Media sebagai alat, metode berfikir yang digunakan dalam
rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam
proses pembelajaran agar dapat membantu mempercepat merangsang pikiran,
perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar
pada dirinya. Penggunaan teknologi komunikasi ini secara kreatif akan
memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik dan meningkatkan performan mereka
sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Media
pembelajaran Pendidikan Agama Islam menurut Martin dan Briggs mencakup segala
sumber kebutuhan dalam berkomunikasi dengan peserta didik. Media dapat berupa
perangkat keras (hardware) seperti komputer, televisi, proyektor, orang, alat
dan bahan cetak lainnya. Selain itu perangkat lunak (software) juga dapat
digunakan pada perangkat keras tersebut.
Berdasarkan pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa
teknologi komunikasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) adalah
teknologi pendidikan yang memanfaatkan media komunikasi dalam pembelajaran PAI.
NB. Data Rujukan Ada Pada Penulis.
Bagus tapi Makalah kurang lengkap, juga bisa dikatakan cuma karangan tanpa adanya daftar pustaka atau referensi..
BalasHapus