Sabtu, 17 Desember 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH I

(Suatu Ringkasan Pengantar)
1. Hakikat Cinta Kasih
Victor hugo, seorang pujangga terkenal: mati tanpa cinta sama halnya dengan mati penuh dosa. Secara sederhana cinta cinta bisa dikatakan sebagai paduan rasa simpati antara dua makhluk. Cinta bisa diibaratkan seni, sangat mmerlukan pengetahuan dan latihan untuk bisa menggapainya. Cinta adalah suatu kegiatan, salah satu esensi cinta adalah kreativitas dalam diri seseorang. Cinta itu terletak pada aspek memberi bukan menerima.
2. Cinta Kasih dalam Pelbagai Dimensi
Secara longgar, kasih sayang bisa diartikan sebagai perasaan sayang, perasaan cinta, atau perasaan cinta atau perassan suka kepada seseorang. Kasih sayang paling tidak menuntut adanya dua pihak yang terlibat di dalamnya. Kasih sayang adalah sesuatu yang indah, suci dan didambakan oleh setiap orang. Seseorang tidak akan memperoleh kasih sayang apabila tidak ada orang lain yang memberi. Kasih sayang adalah suatu kondisi yang merupakan pertumbuhan lebih lanjut dari cinta. Dalam kasih sayang masing-masing di tuntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian dan saling terbuka.
3. Kasih Sayang
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S Purwodarminto, kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Kasih sayang dialami oleh setiap manusia, karena kasih sayang merupakan bagian dari kehidupan manusia.
4. Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar “mesra” yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan akrab baik antara pria-wanita yang sedang dimabuk asmara. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih yang telah mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kereativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.
5. Pemujaan
Pemujaan terhadap Tuhan pada hakikatnya merupakan manipestasi cinta kepada Tuhan. Cinta membangkitkan daya kreativitas. Pengertian dasar kreativitas adalah mencipta, menemukan, berkarya, mencari bentuk-bentuk, yang dapat mewujudkan hubungan yang misterius. Dalam mencari pemujaan tersebut dapat berupa, sembahyang, mencipta lagu, puisi, novel dsb.
6. Belas Kasihan, cinta yang di dasari karena ada sebab, entah sudah tua, sakit-sakitan, yatim piatu dsb. Berbagai macam cara orang memberikan belas kasih terkantung situasi dan kondisi. Belas kasihan terhadap sesama pada hakiaktnya adalah cinta kasih terhadap sesama, yang berarti melaksanakan ajaran agama, selaras dengan Q.S. Al-Qalam:4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis pendapat atau kritik dan saran Anda...
Terimakasih