Kamis, 24 Oktober 2013

MEMBACA

Membaca adalah melihat dan memahami suatu informasi yang berupa simbol-simbol yang membentuk kata-kata yang diinformasikan dari penulis kepada pembaca. Sedangkan arti yang sederhana, membaca adalah memahami pola-pola bahasa gambaran tertulisnya. Ada beberapa maksud dari membaca, diantaranya yaitu membaca bertujuan utama untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, memahami makna bacaan, menemukan ide/gagasan utama, apabila membaca dengan pemahaman sepenuhnya.
Ada beberapa jenis membaca, yaitu membaca nyaring, membaca dalam  hati, membaca telaah isi (memelaah isi secara mendalam). Di dalam membaca terdapat dua aspek  yang sangat penting yaitu: keterampilan yang bersifat  mekanis  yang dapat dianggap berada pada urutan yang dapat dianggap berada pada urutan yang lebih rendah. Keterampilan bersifat pemahaman yang dapat dianggap berada pada urutan yang lebih tinggi.
Keterampilan membaca merupakan sesuatu yang kompleks, yang rumit, yang mencakup atau melibatkan serangkaian ketrampilan-ketrampilan yang lebih. Untuk meningkatkan ketrampilan ini membutuhkan kosakata, pemahaman strukur kata, ungkapan, pepatah, peribahasa, dll.
Dalam kondisi dan situasi tertentu pengajaran  membaca dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sederhana yaitu menginstruksi siswa untuk membaca, mempelajari dan mengucapkan apa yang telah diingat, langkah berikutnya guru menyusun kata-kata serta struktur-struktur yang telah diingat tadi menjadi bahan dialog atau paragraf, untuk langkah ketiga seorang pendidik juga harus menyesuaikan pilihan kata yang akan digunakan dan disesuaikan dengan konteks umur pembaca, karena pemilihan kata juga mempengaruhi proses membaca, langkah yang keempat yaitu dengan cara penyederhanaan bahan-bahan bacaan yang diharapkan pembaca mampu memahaminya dengan baik dan tidak terlalu berat dibaca oleh para pelajar. Untuk tahap yang terakhir ialah tidak dibatasinya bahan bacaan yang disediakan untuk pembaca tetapi juga harus memperhatikan kemampuan masing-masing para pembaca, ada yang mampu mengerti semua bahan bacaan tetapi ada juga yang terbatas kemampuannya dalam bahasa aslinya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis pendapat atau kritik dan saran Anda...
Terimakasih