Selasa, 19 Februari 2013

ADMINISTRASI DAN SUPERPISI (Sebuah Catatan Singkat Kuliah))


1.      Proses Administration (Or Management)
Dany Suganda (1989) menyatakan bahwa administrasi identik dengan manajemen, namun dalam penggunaannya sbb :
1.      Proses pengelolaan kedalam fungsi-fungsi manajemen yang terdiri atas : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengontrolan.
2.      Sumberdaya yang dikelola meliputi 7M : Man and women, Mony, Matrealis, Methods, Machinesmarket, Waktu
3.      Sumber daya       SDM dan Non Manusia
4.      Kriteria pencapaian tujuan yakni efektif dan efisien.
Difinisi baru menjadi : proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengontrolan sumber daya manusia dan sumber daya yang lain guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien dengan menggunakan ilmu dan seni.

Ilmu Administrasi
            Menurut The liang Gie dan Sutarto (Ilmu Administrasi : 1982) ialah: segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu. Delapan unsur Administrasi :
1.   Organisasi  = Pengorganisasian kerangka kegiatan pencatatan yang berupa penyusunan suatu kerangka yang menjadi wadah bagi segenap kegiatan kerjasama.                                   
2.   Manajemen =  Rangkaian kegiatan pencatatan yang berupa penggunaan orang-orang dan pengarahan fasilitas kerja agar tujuan kerjasama tercapai. Enam funsi manajemen :
            - Perencanaan
            - Pembuatan Keputusan
            - Pengarahan
            - Pengkoordinasian
            - pengontrolan
            - Penyempurnaan                   
3. Komunikasi                        
4. Informasi = Tata Usaha
5. Personalia = Berhubungan dengan keanggotaan, kepegawaian
6. Finansial = Keuangan
7. Materia = Fasilitas  
8. Relasi Publik = Hubungan Masyarakat
            Pengaruh Lingkungan Terhadap Administrasi
                        Pelaksanaan kegiatan administrasi tidak bisa dilepaskan dari lingkungan yang mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan administrasi yakni sbb :
            - Sosial                        -Teknologi
            - Politik                       - Kebudayaan
            - Ekonomi                   - Kependudukan
            Filsafat Administrasi Pendidikan        Kebenaran
            Kebenaran Metafisika yakni kebenaran puncak (Ultimate) Tuhan

2.   Mengapa Supervisi itu perlu
-          Untuk menciptakan suasana sekolah yang penuh kehangatan sehingga setiap orang dapat menjadi dirinya sendiri (Psikologis / aspek psikologis).
-          Untuk mengadakan tugas menukar ide dan pengalaman tentang mana yang terbaik dalam menghadapi perubahan tata nilai yang serba meragukan (aspek sosiologis).
-          Untuk membantu (assisting), supporting, shering dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi guru-guru.
-          Untuk memperbaiki pengajaran.
-          Untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM)

Konsep Dasar Supervisi Pendidikan
Pengertian Supervisi “istilah yang pernah berlaku”
  1. Inspeksi                             =    Melihat untuk mencari-cari kesalahan.
  2. Pemeriksaan                      =    Melihat apa yang terjadi dalam kegiatan.
  3. Pengawasan/penilikan       =    Melihat apa yang positif dan negative
d.                                                                                                      Supervisi                           =    Melihat bagaimana kegiatan disekolah-   sekolah   yang  masih negative untuk diupayakan supaya ositif lagi dengan pembinaan.
- Supervisi bermakna lebih positif dan pada pengawasan       Komunikasi
- Supervisi dari bahasa Inggris super dan visicn = melihat dengan teliti.
- Ngalim Purwanto :    aktivitas membantu para guru dan pegawai sekolah secara efektif.
- Drs. Ametembu   :    pembinaan kearah perbaikan dan peningkatan mutu belajar-mengajar.
Kesimpulan : “Supervisi adalah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan, pengajaran dan penilaiain”
Tujuan Supervisi
-          Perbaikan dan perkembangan proses belajar-mengajar secara total. Fokusnya selting for learning (Membina pertumbuhan).
-          Supervisi diarahkan untuk kerjasama yang baik dan harmonis antara guru dengan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis pendapat atau kritik dan saran Anda...
Terimakasih