Minggu, 11 November 2012

MEMANUSIAKAN MANUSIA MELALUI USER EDUCATION



Manusia diciptakan sebagai makhluk paling mulia dan terbaik di antara makhluk ciptaan Tuhan lainnya karena dibekali berbagai macam potensi yang tidak dimiliki oleh makhluk lain. Maka dari itulah Tuhan membekali manusia dengan segenap potensi yang ada dalam dirinya. Potensi itu meliputi: potensi jasmani (fisik), ruhani (spiritual), dan akal (mind). Ketiga potensi ini akan memberikan kemampuan kepada manusia untuk menentukan dan memilih jalan hidupnya sendiri dengan  memanfaatkan potensi yang melekat dalam dirinya.
Perubahan sosial yang berlangsung sedemikian cepat sangat berdampak terhadap masyarakat, khususnya mahasiswa baru. Mahasiswa baru adalah sosok manusia yang mempunyai impian besar tentang masa depan, dan menyerahkan sepenuhnya jalan untuk mencapai tujuan itu kepada perguruan tinggi yang menaunginya. Kondisi tersebut tentu saja memicu pengelola perguruan tinggi untuk mencari cara terbaik untuk membantu mewujudkan impian tersebut. Sebab bagaimana pun mahasiswa baru ada sosok manusia yang sedang mengalami masa transisi psikologis, intelektual, dan sosial. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang memanusiakan manusia. Sistem pendidikan yang baik adalah membuat mereka yang sedang menjalani pendidikan bisa mengembangkan diri secara bebas dan sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Sehingga pendidikan tersebut nantinya bisa menjadi sebuah tonggak pengembangan diri dan karakter dari tiap-tiap individu.
Oleh karena itu dalam rangka mendukung kegiatan pendidikan, perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali membuka program  USER EDUCATION  terhitung sejak 3-31 Oktober 2012 program ini di khuskan bagi mahasiswa-mahasiswi baru angkatan tahun 2012 yang berjumlah kurang lebih 7.000 mahasiswa dan mahasiwi yang terdiri dari berbagai jurusan dan fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Sains dan Teknologi, Tarbiyah dan Keguruan, Syariah dan Hukum, Sosial dan Humaniora, Adab dan Budaya, Dakwah dan Ushuludin. Dalam proses USER EDUCATION ini di bagi persesi dan perkelompok berdasarkan kelas dan jurusan mahasiswa atau mahasiswi yang bersangkutan dengan didampingi oleh pustakawan yang kompeten dan berpengalaman sehingga program ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Adapun agenda USER EDUCATION  ini diantaranya di isi dengan program bimbingan kelompok dan individu, ceramah, seminar yang diselingi dengan menyaksikan film dan video trik dan tips menggunakan fasilitas-fasilitas di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, wisata perpustakaan dan Latihan atau Praktek sebagai afirmasi terhadap materi yang telah di sampaikan.
Perpustakaan sebagai “jantung” ilmu pengetahaun di suatu lembaga pendidikan, mempunyai tugas penyediaan, pengelolaan, dan pelayanan informasi. Perkembangan pengetahuan yang semakin cepat tersebut seiring dengan masuknya teknologi dan informasi ke perpustakaan. paka dari hal tersebut Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah meningkatkan ketersediaan sumber-sumber informasi elektronik dan menggunakan aplikasi perpustakaan digital terbaru yang dinamakan E-Print. Disamping itu, perpustakaan UIN Sunan Kalijaga juga telah menyediakan layanan transaksi peminjaman dan pengembalian koleksi secara mandiri berbasis teknologi glombang radio yang dikenal dengan teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Sesuai dengan sifat terbuka dalam dunia maya, pemustaka tidak hanya terbatas pada sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tetapi masyarakat umum juga dapat mengakses sumberdaya yang dimiliki Perpustakaan UIN baik tercetak maupun digital melalui internet dengan alamat http://lib.uin-suka.ac.id sehingga sumber-sumber informasi dapat di akses dimana saja dan kapan saja.
Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga telah menggunakan sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) dan koleksi Islam menggunakan sistem klasifikasi DDC  versi Islam, kode koleksi serta peta penempatan koleksi. Fasilitas perpustakaan yang dapat digunakan serta dinikmati yaitu pintu masuk dan pintu keluar elektronik (Gateway), peminjaman kunci loker dengan menggunakan sistem elektronik (Dealkey), fasilitas pengembalian koleksi mandiri yang diletakkan di luar gedung perpustakaan (Bookdrop), fasilitas untuk peminjaman dan pengembalian koleksi secara mandiri (MPS (Multi Purpose Station) dan MPK (Multi Purpose klosk)), Carrel Room, Theatrikal Room, Hotspot Area, Mushola dan Fotokopi.
Program  USER EDUCATION di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta rutin dilaksanakan bertujuan untuk membantu pemakai perpustakaan dalam meningkatkan keterampilan pemakai dan menemukan informasi yang diinginkan secara cepat dan tepat. Dengan adanya Program  USER EDUCATION perpustakaan, diharapkan akan menjadi bekal dalam memanfaatkan sarana perpustakaan. Pengetahuan dan keterampilannya ini akan menjadi pengetahuan dasar, mereka dapat dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan ke perpustakaan manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis pendapat atau kritik dan saran Anda...
Terimakasih