Minggu, 31 Maret 2013

MANFAAT KOMUNIKASI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PENDAHULUAN
Teknologi pembelajaran telah berkembang, sebagai teori dan praktik dimana proses, sumber, dan sistem belajar pada manusia baik perseorangan maupun dalam suatu ikatan organisasi dapat dirancang, dikembangkan, dimanfaatkan, dikelola, dan dievaluasi. Dan melalui penerapan teknologi pembelajaran dengan mendayagunakan sumber-sumber belajar untuk tujuan pembelajaran. Salah satu bentuk sumber belajar yang potensial adalah yang dikembangkan berdasarkan teori komunikasi dan memanfaatkan atau mendayagunakan berbagai bentuk dan jenis teknologi komunikasi.
Artinya, media komunikasi massa mempunyai potensi besar untuk digunakan dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar dan pembelajaran. Pada hakikatnya teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin yang berkepentingan dengan pemecahan masalah belajar dengan berlandaskan pada serangkaian prinsip dan menggunakan berbagai macam pendekatan atau teori komunikasi dan teknologi komunikasi. Setiap teknologi dibangun atas dasar suatu teori tertentu. Demikian pula pada teknologi pembelajaran, dibangun atas dasar prinsip-prinsip yang ditarik dari teori komunikasi terutama hasil-hasil penelitian dalam pemanfaatan media, khususnya media komunikasi. Dan dalam makalah kami akan membahas tentang.Teknologi Komunikasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). 
A.      Pengertian Teknologi Komunikasi (TEKKOM) dalam Pembelajaran PAI
Pengertian teknologi komunikasi pendidikan (pembelajran)  dapat dijelaskan melalui dua pendekatan yang pertama adalah dari sudut komunikasi yang berarti eknologi komunikasi yang dipakai dalam bidang pendidikan. Pendekatan yang kedua dari sudut pendidikan yaitu yang mengartikannya sebagai teknologi pendidikan yang memanpaatkan media komunikasi.
Sedangkan pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran.
Pembelajaran dalam kamus besar bahasa Indonesia mengandung arti proses, cara menjadikan orang atau makhluk hidup belajar. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah suatu upaya membuat peserta didik dapat belajar, butuh belajar, terdorong belajar, mau belajar dan tertarik untuk terus menerus mempelajari agama Islam, baik untuk kepentingan mengetahui bagaimana cara beragama yang benar maupun mempelajari Islam sebagai pengetahuan.
Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses komunikasi yang berkaitan dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran (kompetensi) yang ditetapkan. Media sebagai alat, metode berfikir yang digunakan dalam rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran agar dapat membantu mempercepat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya. Penggunaan teknologi komunikasi ini secara kreatif akan memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik dan meningkatkan performan mereka sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Media pembelajaran Pendidikan Agama Islam menurut Martin dan Briggs mencakup segala sumber kebutuhan dalam berkomunikasi dengan peserta didik. Media dapat berupa perangkat keras (hardware) seperti komputer, televisi, proyektor, orang, alat dan bahan cetak lainnya. Selain itu perangkat lunak (software) juga dapat digunakan pada perangkat keras tersebut.
Berdasarkan pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa teknologi komunikasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) adalah teknologi pendidikan yang memanfaatkan media komunikasi dalam pembelajaran PAI.
NB. Data Rujukan Ada Pada Penulis.

1 komentar:

  1. Bagus tapi Makalah kurang lengkap, juga bisa dikatakan cuma karangan tanpa adanya daftar pustaka atau referensi..

    BalasHapus

Silahkan tulis pendapat atau kritik dan saran Anda...
Terimakasih